Minggu, 28 April 2013

Mangrove Planting with Sampoerna



   Assalamualaikum, selamat malam! apa kabar kalian semua? biasanya kemren saya posting lewat blog mahasiswa yang di fasilitasi cybercampus milik Universitas Airlangga. Nih alamatnya http://garudaamrt-fst12.web.unair.ac.id/ , di situ ada beberapa postingan sedikit tentang keilmuan sama cerita kurang jelas maksudnya karena ya masih belajar nulislah. Alasan sekarang mau make blogger lagi karena udah PW aja sih ya sedari dulu udah make ini.
   Oke, lanjut kejudul, kali ini mau ceritain kegiatan di tanggak muda kemaren, tepatnya tanggal 27 April 2013. Hari itu ada acara yang diadakan sampoerna untuk mangrove planting. Kenapa saya bisa tahu ada acara ini, awalnya ya dari info ketua Kelompok Studi (KS) Lingkungan , mbak Santini nge jarkom tentang inilah. Kemudian dari 2012 dikasih kuota dari KS cuma tiga orang, lhah kebetulan kok itu hari pas habis UTS jadi yang rumahnya deket deket kayak hresik , sidoarjo dan sebagainya pada pulang . Dari Kuota tiga orang tersebut ternyata cuma ada aku sama arya "black" yang datang mewakili KS kami, KS lainnya juga pada datang kok sama beberapa dari BEM Fakultas Sains dn Teknologi. 
  Oiya , tak kasi tau dululah , KS lingkungan itu adalah KS untuk warga HIMBIO (Himpunan Mahasiswa Departemen Biologi) ,Himpunan kami terdiri dari dua prodi, ya Biologi sama Ilmu dan Teknologi Lingkungan. Kedua prodi ini berbeda substansi nya tetapi yang mewadahi ya HIMBIO, nah kenapa ITL kok digabungin sama biologi? ehm, panjang ceritanya , tapi ya no problem karena justru dari situ kita bisa makin kaya, karena ITL sendiri kan interdisiplin ilmu.
   Kembali ke judul , jadi acara ibi dipersembahkan oleh :

Pihak sampoerna mungkin melalui HSE nya ( Health Safety and Environmental) mengadakan tanam pohon mangrove sebanyak 100000 pohon tepatnya di Wonorejo wilayah timur dari surabaya. Perlu diketahui, di Wonorejo ini merupakan wilayah konservasi tanaman mangrove yang salah satu ekosistemnya masih terjaga cukup baik. Kalau datang kesini akses jalannya masih kurang layak kalau disebut sebagai tempat ekowisata. Penanaman yang dilakukan oleh pihak Sampoerna bersama warga dan kalangan mahasiswa di surabaya ini tersebar di beberapa titik, mulai di sekitar tambak hingga ke muara. Lhah kalangan mahasiswa termasuk saya itu ditempatkan di dekat muara. Perjalanan menuju muara menggunakan perahu klotok milik warga sekitar. ini kondisi di perahu nya, hehe sempit.
dan ini foto ganang in action , persis kayak iron man, cuma ini dia heroesnya lingkungan: 


lagi 
lagi



  Selesai acara , kita diberi fasilitas makan siang lhoh, ya baik lah mulai dar awal acara sampai selesai.
    Terakhir paragaraf, ya ini sedikit kontribusi terhadap lingkungan yang saya lakukan. Di era pembangunan buta yang melupakan alam ini kita masyarakat harus lebih khawatir terhadap imbalan instansi atas lahan konservasi. Ke depan bukan ndak mungkin kalau kota kita tercinta bakal jadi ladang bencana, ya bisa dilihat rata rata bencana sekarang ini karena ulah manusia, ya media dan orang atas yang sudah berkompromi sih bilangnya ini gejala tahunan. Lhah apa hubungannya dengan tanam mangrove? mangrove sangat banyak manfaatnya, dapat menahan abrasi yang bisa mempersempit ekosistem terestrial, kedua mangrove merupakan tempat banyak ikan bertelur seperti kakap dan lainnya, terus juga sebagai tempat tinggal beberapa unggas, dan juga bisa menjadi penangkap air hujan sehingga menjadikan cadangan air tanah tetap baik kualitas dan kuantitasnya. Karena itu, cintailah diri anda dan keluarga,jangan berharap punya keturunan bakal nyaman hidupnya kalau menjaga lingkungan saja tidak bisa. Konsepkan Sustainable society agar terbentuk Sustainable development sehingga terciptalah sustainable ecology dan saya berani jamin kalau kesemuanya ini terpenuhi tidak akan terjadi krisis air, udara,dan pangan. Salam Lestari!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar