Sabtu, 04 Mei 2013

Earth Hour Surabaya

   Assalamualaikum, Selamat malam. waktu sudah menunjukkan pukul 10:07 PM waktu surabaya. Post kali ini mau share kegiatan kami di earth hour surabaya. Jadi, Earth Hour adalah suatu kegiatan global yang dilaksanakan oleh WWF ( World Wide Fund for Nature). Acara ini dilakukan setiap sabtu terakhir pada bulan maret, kebetulan kemaren di tahun 2013 ini dilaksanakannya pas tanggl 23 . Kota awal yang melakukanini adalah Sydney dan dilaksanakannya pertama kali di tahun 2007 , jadi tahun 2013 ini udah tahun ke enamnya ya kan.
    Kegiatan Earth Hour ini sangat bermanfaat banget lah, karena selain mengurang energi yang terpakai termasuk mengurangi emisi gas berbahaya seperti Karbondioksida, kita juga menghemat listrik sampai beberapa megawatt. Berdasar kutipan dari wikipedia   "Menurut WWF Thailand, Bangkok mengurangi pemakaian listrik hingga 73,34 megawatt yang dalam satu jam setara dengan 41,6 ton karbon dioksida  Bangkok Post menyampaikan angka 165 megawatt-jam dan 102 ton karbon dioksida. Jumlah ini lebih sedikit daripada kampanye serupa yang dicanangkan Balai Kota Bangkok pada Mei tahun sebelumnya. Saat itu, 530 megawatt-jam dihemat dan 143 ton emisi karbon dioksida dipangkas" .
 Kalau seandainya kegiatan ini dilaksanakan tiap bulan mungkin dunia juga bakal lebih hemat ya, tapi jangan khawatirlah, di indonesia tanpa adanya event ini instansi tunggal pembangkit listrik di negara kita juga udah rajin matikan powernya kok haha . 

   Kembali ke inti, di acara ini saya bareng KS Lingkungan ikut berpartisipasi dalam acara ini tempatnya di Grand City . Disana kami sebagai partisipan selain berkomitmen ikut menjaga merawat dan melestarikan materi, energi, dalam keseimbangan ekologi kami juga melakukan aksi yaitu mengumpulkan lilin. Jadi, waktu acara pemadaman listrik kita semua oleh panitia acara dikasi lilin bat penerangan, lhah lilin kan termasuk limbah B3 , bahaya kan. Selanjutnya lilin tersebut berencana dimanfaatkan kembali. Oiyam disini salah satu pemerhati lingkungan sekaligus pecinta bola Dik Doang juga hadir. Waktu dia ngisi acara ya sambil bawa bawa nama Timnas, ya iyalah secara di hari itu kan Timnas dikalahkan sama Arab Saudi. Haha kecewa juga sih, nggak alamnya nggak prestasinya Indonesia sedang jatuh bangun. Nih Photo Dik Doang nya :

 Dan, ini photo bareng temen temen KS Lingkungan.



Nah, ini photo saya sendiri di acara Earth Hour Surabaya.
   Terakhir, Akhir akhir ini sudah sangat banyak aksi aksi lingkungan yang diselerenggarakan pemerintah , swasta atau institusi yang cinta terhadap lingkungan. Aksi aksi seperti ini tentunya bukan hanya sebuah gebrakan, atau acara kagetan buat seru seruan karena dalam kondisi sebenarnya seperti aksi tanam pohon dan lainnya setelah penanaman kita perlu melakukan kontrol terhadap Tanaman tersebut . Perawatan dan pelestarian selanjutnya justrulah yang seharusnya makin intensif. Ya, ayolah kita kalangan mahasiswa bersama masyarakat menjaga dan menyelamatkan lingkungan untuk kita masa depan. Mungkin konsep Go Green, Sustainable Development dan istilah istilah soal lingkungan lainnya sudah terlalu mainstream, saking mainstreamnya kita anggap remeh jadi dosa kalau bencana alam manusia terus menyalahkan Tuhan, padahal manusia lupa kalau mereka lah yang membuat alam ini makin parah. Let's do it :)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar