Minggu, 29 September 2013

Fun Sampling at PPLH Seloliman

      Assalamualaikum, selamat sore. Kali ini mau posting kegiatan saya di PPLH seloliman minggu kemaren gan, kegiatan kemaren sih masih termasuk praktikum Metode Analisis yang secara khusus ada di perkuliahan program studi Ilmu dan Teknologi Lingkungan Universitas Airlangga. Foto kegiatan samplingnya sengaja nggak di post di mari ya gan, karena banyak banget dan kalau ngga semuanya nggak nyambung ntar. Nah, kegiatan kemaren ngga melulu sampling ya ngerti lah pasti juga ada senang senangnya. Oiya, PPLH seloliman termasuk dalam wilayah Kabupaten Mojokerto kecamatan seloliman desa trawas.
Keren lah ya ada restorant dan penginapan sistemnya kalau menurut saya cukup ramah lingkungan dari segi penataan ruang, kamar mandi,limbah domestik dan segala macamnya, posisinya cukup jauh dari perkotaan dan tepat di kaki Gunung Penanggungan.  Semua yang ada didalamnya terawat cukup baik, tenaga kerja juga sangat ramah.Di PPLH seloliman ini selain program tentang lingkungan hidup juga ada camp buat para pendaki gunung, kemaren sempat adasih tourist asing yang kemari, wah yang kaget ternyata tenaga kerja yang mengurus PPLH ini skill english nya oke punya.  Okelah pokoknya, padahal sebelum berangkat udah ngga yakin kondisi lapangan bakal senyaman ini ternyata yaaa nyaman yang pasti satu hal, sinyal nggak ada haha banyak hubungan mereka yang - putus- sementara hahaha. Selain itu kalau udah malam jadi sepi, yah namanya juga kan di hutan. Oiya lagi, satu hal yang buat kami kecewa ternyata PPLH ini dikelola sama orang Jerman, yah kan lagi lagi sumber daya alam indonesia di eksplorasi asing, benar kata beberapa dosen saya......... pemerintah kita salah lagi kan #yasudahlah.


       Sebelum berangkat kami semua 53 mahasiswa 8 asdos dan 4 dosen briefing di kampus , kira kira jam 6an lah, masukkan alat alat, berangkatnya naik truk TNI-AL , wah keren lah berasa adventurer, yang paling seru pas kami nyanyi bareng diiringi gitar ketika perjalanan.  
 yang diatas ini pas mau berangkat, dan yang dibawah waktu udah sampai di PPLH

       Foto pas lagi di perjalanan dikit banget hehehe. Oke setelah sampai langsung masuk ke kawasan PPLH check-in camp dan nggak lama sampling langsung mulai di sesi pertama. Sesi pertama kelompok saya kebagian sampling untuk kualitas air sungai dan menghitung debit  sungai. sesi kedua yaitu menetukan faktor ekologi terhadap Bentos dan Plankton , singkatnya kedua tipe tertentu dari mahluk ini ikut menentukan kualitas air. Bagaimana bisa tahu tipe mahluknya yaitu dengan pengamatan fisiologisnya. setelah kedua sesi tersebut selesai kami kembali ke camp. Pegal rasanya setelah perjalanan dua jam kemudian dilanjutkan dengan dua sesi sampling yang juga cukup lama. 
     Di malemnya kegiatannya ada briefing dan postest, wah kan belum pada belajar hasilnya pada minimalis semua haha. Setelah itu semua selesai, malam masih panjang, buat menghilangkan rasa sepi yaa beberapa dari kami memainkan gitar~ wah lumayan lah buat ngusir sepi di malam itu, ada juga yang asik foto foto dan ada juga kelompok yang masih sampling. Selain sampling dari dua sesi tadi sampling untuk selanjutnya itu dilakukan besoknya, tepat jam 6 pagi kami harus udah sarapan,ini tempat sarapannya, baguslah untuk ukuran hutan. Nah ini nih lokasi tempat makan senyaman ini ada di kaki gunung penanggungan. Jerman punya broo, indonesia jarang jarang lah, PTN aja banyak terabaikan apalagi yang ginian.
      Oke singkat cerita sesi ke 3 dan 4 itu klompok kami sampling tentang Biological Oxygen Demand , total Suspended solid dan Chemical Oxygen Demans sama yang terakhir di sesi ke 4 uji kualitas air tanah. Selama itu kurang lebih dari jam tujuh sampai jam 10 aja karena hanya ambil data, sedangkan proses analisis 75% dilakukan dikampus. 
      Setelah] selesai masih ada kelompok yang sampling, ada juga yang sudah santai sambil berbincang bareng bapak dosen. setelah bagian ini aku menyebutnya "a piece of shit''|shit to remember| haha karena salah seorang teman kami namanya Black bilang: " Tang, ceburke jawat yook"| "Oke"| fyi, jawat iku komting baru setelah komting lama pergi dan tak tau arah jalan pulang~ . oke diem diem nangkep jawat, berhasil dan kami gotong dia, lalu bener bener di ceburke ke kolam limbah domestik, kolam itu isinya limbah kamar mandi dari camp di PPLH. Wah warnanya hijau, ini yang dibilang Alga bloom. secara ilmiah pasti tuh full mikroba aerob untuk degradasi limbah tersebut. okee lanjut, seteleh di "ceburke" yang paling sial komting ini narik aku kedalam kolam, sama si Black tadi juga ikut ndorong, aaah kaya efek domino. Setengah badan lah ini masuk ke sana, kata orang sini NGGILANI POL. haha nggak cukup disitu aja men, setelah itu gantian beberapa teman kami di "ceburke" . Sebenernya sih mau "ceburke" asdos cuma ya asdosnya punya hak penuh sama nilai kami :p , kan gawat. 
 Ini proses ceburkesasi -haha niru vicky-

 


      Cerbukesasi itu bisa dibilang sih budayanya anak FST UA. Kalau ada siapa aja yang ulang tahun,juara, dan segala macamnya pasti langsung di ceburke. Selama semuanya nggak berlebihan itu pasti aman o:)
ceburkesasi tadi jadi bagian agak akhir dari cerita ini hehe dengan badan yang sangat bau full mikroba kita semua yang jadi korban mandi. Jam semakin mendekati kearah jam 12 pas, itu berarti kami harus segera check-out erus maksi dan kembali pulang ke Surabaya. Sebelum pulang kami semua sekilas berbincang dengan pihak PPLH. Mereka menanyakan kondisi kami semua. sebelum pulang juga saya sempatkan foto bersama orang PPLH, sekilas mirip Agung Hercules wkwkwk  gondrong,kekar dan pandai melawak.

     Oke, akhir dari semua cerita ini, yang terpenting kami pulang dengan selamat dengan data data yang seharusnya bisa dijadikan referensi perkembangan peradaban zaman. Baik itu masyarakat, aktivis dan pemerintah . Sedikit curhat, lagi lagi masalah lingkungan di dunia khususnya indonesia belum menjadi prioritas, masih sekedar jargon penyemangat kampanye, masih sekedar judul event tiap organizer untuk keuntungan. Pilihan ada di tangan kita semua mau terlambat sadar atau saling menyadarkan sebelum bencana terjadi. Prodi Ilmu dan Teknologi Lingkungan Universitas Airlangga adalah salah satunya yang paling siap bergerak memotori solusi permasalahan lingkungan.

1 komentar: